Waspada, Playboy Twitter Mengintai!

banplay200

Tidak sedikit kasus penipuan, pemerkosaan dan pelecehan seksual berawal dari perkenalan seseorang melalui media sosial. Sebelumnya kami pernah menulis perihal Bahaya Cyber Dating (Baca juga : http://politwika.com/bahaya-cyber-dating/ ). Kini kami akan membahas perihal Bahaya Playboy Twitter.

Twitter sebagai salah satu media sosial yang banyak digandrungi semua kalangan, dari anak-anak, remaja dan dewasa bisa menjadi sarana yang informatif untuk bertukar informasi namun dilain sisi Twitter juga bisa jadi senjata karena banyaknya ancaman Playboy Twitter. Kira-kira apa sajakah bahaya yang bisa dibawa oleh Playboy Twitter? Akan kami bahas lebih dalam pada artikel ini.

Perkenalan seseorang dengan orang lain melalui media sosial banyak membuka kesempatan kita untuk memperluas jaringan pertemanan, tapi berhati-hatilah hal ini juga dapat membahayakan kita. Di Twitter sendiri, bagi mereka yang membuka privasi akunnya dan senang berinteraksi dengan pengguna lainnya bisa jadi sasaran utama. Banyak pengguna Twitter yang memang hanya mengenal followers atau followingnya melalui Twitter namun tidak begitu pada dunia nyata. Dan sama halnya seperti Cyber Dating, tidak sedikit pengguna Twitter yang akhirnya memacari kenalannya. Berawal dari interaksi biasa hingga menambah intensitas interaksi dan akhirnya memutuskan untuk bertemu di dunia nyata. Dan apakah semua pertemuan ini aman? Jawabannya adalah Tidak. Sudah banyak korban yang berjatuhan, bukan hanya remaja, kalangan dewasa pun banyak yang menjadi korban.

Playboy Twitter akan melancarkan serangannya setelah melihat adanya respon dari target. Interaksi tersebut kemudian di maintain agar korban merasa bahwa mereka memang tertarik ingin berkawan. Setelah interaksi terjaga, Playboy Twitter akan melanjutkan ke fitur Direct Message untuk membangun percakapan yang lebih pribadi sebelum mereka meminta nomor handphone untuk percakapan yang lebih intim kemudian. Biasanya, jika mereka sudah berhasil mendapatkan nomor handphone pribadi target, mereka kan mengajaknya kopdar atau bertemu di dunia nyata. Tak jarang juga yang mengajak target untuk berpacaran untuk membangun kepercayaan target kepada pelaku.

Playboy Twitter berpotensi untuk memacari anda tapi tak jarang juga yang memilih untuk tidak memiliki status namun memanfaatkan hal-hal tertentu seperti kemesraan, contohnya. Setelah Playboy Twitter mendapatkan apa yang mereka inginkan, biasanya kepuasan dan harta, mereka akan dengan mudahnya meninggalkan korban. Seluruh pengharapan dan kepercayaan korban akan runtuh, belum lagi menyisakan trauma psikologis yang cukup mendalam.

Selain itu Playboy Twitter juga dapat juga berasal dari kalangan Selebtwit. Mengapa demikian? Di Twitter, Selebtwit merupakan kalangan yang dengan mudah dipercaya orang karena followers yang banyak dan mereka biasanya akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk setidaknya menggaet para followers-nya. Sebut saja @zarryhendrik yang terkenal dengan #BidadariZarry perempuan mana yang tidak terpesona dengan ketampanan Zarry. Selain @zarryhendrik ada juga beberapa nama yang memang melancarkan serangannya secara diam-diam.

Untuk menghindari Playboy Twitter, berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan :

  1. Jangan sembarang berinteraksi dengan orang-orang yang tidak dikenal, apalagi mereka yang rekam jejaknya kurang meyakinkan. Selalu waspada siapapun orangnya bisa menjerat anda.
  2. Gunakan fitur privasi akunmu jika diperlukan. Cara ini merupakan cara paling ampuh, untuk memfilter dengan siapa saja anda berinteraksi di Twitter.
  3. Selalu berhati-hatilah dengan konten yang kamu buat, sedikit informasi pribadi yang kamu share akan bermanfaat sekali untuk pelaku melancarkan serangannya.
  4. Batasi interaksi anda dengan orang-orang yang tidak anda kenal di dunia nyata. Jangan terlalu mudah memberi kontak pribadimu kepada mereka. Bisa saja mereka adalah sindikat penipu yang memang sering berganti akun Twitter untuk menghapus jejaknya.
  5. Sebelum kalian memutuskan untuk kopdar atau bertemu di dunia nyata, ada baiknya untuk menelusuri rekam jejaknya.
  6. Sama halnya seperti Cyber Dating, jangan terburu-buru untuk mengiyakan ajakannya bertemu di ruang tertutup atau privat, selalu bertemulah di ruang terbuka atau publik.
  7. Sedekat apapun komunikasimu dengan orang di media sosial, jangan mudah percaya jika mereka meminta bantuan bernominal.

Selalu berhati-hati dan berwaspadalah, karena Playboy Twitter dapat mengintaimu kapanpun dan di manapun. Sekian.