Waspada! Selebtwit Palsu di Sekitar Anda!

ilustrasi diambil dari http://zillionthoughts.com/wp-content/uploads/2015/01/copypaste-copypaste-everywhere.jpg
ilustrasi diambil dari http://zillionthoughts.com/wp-content/uploads/2015/01/copypaste-copypaste-everywhere.jpg

Baru-baru ini Twitter Indonesia sedang diramaikan dengan kasus copy-paste yang dilakukan salah satu akun terkenal. Sebelum membahas tentang akun itu. Apa rasanya jika karya kamu di-copy paste (copas) tanpa mencantumkan sumber? Pasti kamu akan kesal dan marah terhadap orang tersebut. Ini yang sedang ramai dibicarakan, akun bernama @dwitasaridwita melakukan copas. Sudah ada blog yang menuliskan seluk beluk perjalanan akun @dwitasaridwita, kamu bisa baca di sini.

Sebenarnya, kehebohan akan akun ini sudah terjadi dulu dan sempat terjadi beberapa kali. Tapi kejadian kemarin sepertinya sudah memasuki tahap memuakkan. Kehebohan ini bermula ketika akun @1bichara mengaku bahwa puisinya di-copas tanpa izin dan tanpa mencantumkan sumber. Puisinya itu dimusikalisasi puisi oleh Dwita dan diakui kalau itu puisinya.

Akun @arman_dhani pun menanggapi kehebohan tersebut dengan melakukan cuitan tentang copas. Sudut pandang Arman Dhani lebih kepada copas terhadap karya-karya sastra. Sampai dibuat artikel di Mojok.Co yang bisa kamu baca di sini. Kami pun tertarik untuk sedikit memberikan penjelasan manuver @dwitasaridwita di media sosial kepada kamu semua.

@dwitasaridwita telah melakukan manuver yang sebenarnya sering terjadi di dunia media sosial. Berusaha menjadi orang terkenal di Twitter atau biasa disebut selebtwit. Tapi ada selebtwit yang menggunakan usahanya sendiri ada yang curang seperti dia. Usaha-usaha curang itu seperti apa sih?

  1. Seseorang akan membuat akun palsu/anonim.
  2. Mencatut sembarangan foto orang untuk akun tersebut.
  3. Membeli followers.
  4. Melakukan twit bijak.
  5. Ketika sudah mentok melakukan twit bijak, mulai copas.
  6. Membuat akun haters.
  7. Ketika modusnya tercium, mengganti nama akun.
  8. Sisanya akun tersebut akan cuek terhadap haters-haersnya.

Sederhana sekali bukan manuver curang untuk terkenal di media sosial? Itu yang telah dilakukan oleh Dwita dan mungkin akun-akun terkenal lainnya di Twitter. Copas di dunia akademis saja sudah jadi sesuatu yang haram apalagi di media sosial. Untuk kamu, jangan sampai melakukan hal ini yaaahh..

Related Posts