Waspada Trending Topic Palsu!

ttww

Kami pernah membahas tentang fake followers. Sebuah fenomena yang cukup familiar di dunia Twitter. Selain fake followers banyak sekali hal-hal unik yang terjadi di Twitter salah satu contohnya adalah jasa membuat trending topic. Cukup menyedihkan, dimana kita menganggap Trending Topic adalah sebuah hal yang memang sedang “tren”. Ternyata digunakan oleh orang-orang yang tidak “bertanggung jawab”.

Kami melakukan peninjauan dan investigasi terhadap jasa trending topic ini. Kalau kita mencoba mencari di Google akan banyak menemukan orang menjajakan jasa ini. Dari berbagai macam harga dan paket. Dari hasil investigasi kami sendiri dibutuhkan Rp. 250.000 selama satu jam menjadi Trending Topic di Indonesia.

Hal ini berbeda dengan artikel yang diterbitkan oleh VivaNews (Rp. 100ribu bisa “nangkring” di TT Twitter). Dimana ada yang berani menaruh harga 100.000 saja untuk eksis di dunia Twitter. Narasumber Viva tersebut mengatakan “Mungkin tidak banyak yang bisa membuat suatu hashtag menjadi trending di Twitter, tetapi ane akan membuat supaya hashtag yang diminta agan menjadi trending topic di Twitter,”

Kembali ke hasil investigasi kami, jasa pembuat trending topic ini memiliki sebuah kelemahan. Dia tidak mampu untuk membuat sebuah “topik” eksis selama 24 jam. Dia menawarkan alternatif untuk eksis selama beberapa hari tapi tidak full selama 24 jam. Caranya sendiri cukup unik, dia bersama 3 orang temannya membuat interaksi antara akun dengan akun lainnya. Selain itu, mereka bisa nge-twit dengan akun-akun bot milik mereka sendiri. Mudah bukan?

Lalu apa kegunaan dari jasa ini? Tentu bagi yang memiliki usaha atau ingin branding jualannya akan sangat berguna. Usahanya menjadi terkenal dan akan meningkatkan banyak pembeli. Tapi bagaimana jika digunakan untuk hal negatif? Tentu akan sangat merugikan, dimana biasanya jasa ini digunakan untuk “penggiringan opini” oleh orang-orang berkepentingan tertentu.

Sebenarnya gampang-gampang mudah untuk mengenali sebuah Trending Topic hasil asli atau instan menggunakan jasa. Kita bisa memasukkan kata kunci Trending Topic hari itu ke kolom search Twitter. Jika kita menemukan banyak sekali akun nge-twit hal yang sama dan tidak berbeda, bisa dipastikan itu menggunakan jasa ini.

Itu hasil investigasi kami terhadap fenomena ini. Dimana Twitter menjadi kurang “sedap” dengan hadirnya jasa ini. Bukankah kalau kita menggunakan usaha sendiri itu lebih memuaskan? Tapi ini semua terlepas pada kalian, baik buruknya sudah kami jelaskan. Jadi pikir ulang jika mau menggunakan jasa ini yaahh..

Related Posts