Youtube Red, Disukai atau Dibenci?

yutub-2

Jika kita berbicara tentang menonton video di Youtube, kita tidak akan terpisahkan dengan iklan. Baik iklan yang bisa di-skip atau tidak. Tentu ada yang cuek dengan keberadaan iklan tersebut, tapi banyak orang kesal dan ingin Youtube bersih dari iklan. Bahkan ada yang memakai Ad Block. Kondisi tersebut membuat Youtube mengeluarkan inovasi terbaru mereka yaitu Youtube Red.

Youtube Red akan membuat kamu terbebas dari iklan ketika menonton sebuah video. Kamu juga bisa melihat secara offline dan dalam mode play in background. Tetapi semua manfaat baik tersebut bisa didapatkan dengan membayar $10 setiap bulannya. Rilisnya Youtube Red juga meninggalkan pro dan kontra dari berbagai pihak. Terlihat dari komentar yang ada di video Meet Youtube Red.

Dalam artikel Who’ll be left feeling blue by YouTube Red? di situs CNBC.com, dipertanyakan apakah Youtube Red adalah win-win solution antara produsen dan konsumen video? Dimana para konsumen bisa mendapatkan tayangan video yang bersih dari iklan. Sementara dengan hadirnya Youtube Red bagi produsen video, membuat mereka mendapatkan pemasukan dari penonton yang membayar tiap bulan untuk mengakses video mereka.

PewDiePie dalam Tumblr-nya mengatakan bahwa Youtube Red adalah inovasi yang bagus. Terutama bagi mereka yang kesal terhadap iklan, walaupun sebenarnya ada Ad Block. Bagi PewDiePie, Ad Block tidak bermasalah bagi dirinya tetapi bagi para Youtubers yang baru, Ad Block akan sangat bermasalah. Darimana pemasukan mereka kalau bukan dari iklan?

“Personally, I’m ok with if you use adblock on my videos. Ads are annoying, I get it, I’m not here to complain about that. But for smaller channels, this number can be devastating.” – PewDiePie

PewDiePie pun mendukung keberadaan Youtube Red karena kepastian bayaran untuk para Youtubers. Tetapi ada yang harus diperhatikan, seperti berapa banyak dari $10 yang didapat oleh produsen video?

Efek lain kehadiran Youtube Red adalah keberadaan brand-brand yang memasarkan produknya melalui iklan Youtube. Menurut artikel How Youtube Red Affects Your Brand, setiap brand harus sadar dan memiliki teknik baru. Mereka harus membuat konten terbaik untuk menarik konsumen yang bosan dengan iklan.

Sekilas kehadiran Youtube Red memang adalah solusi terbaik bagi produsen dan konsumen. Tetapi apakah angka $10 itu pantas untuk konsumen di dunia dan Indonesia? Apalagi pengguna internet kebanyakan suka yang serba gratis. Ada baiknya kita melihat perkembangan Youtube Red ke depannya.